Home » , , » Pidato pembukaan oleh Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Navi Pillay pada konferensi pers selama misi ke Indonesia

Pidato pembukaan oleh Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Navi Pillay pada konferensi pers selama misi ke Indonesia

United Nations Information Centre: Pernyataan Pers dari Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia - Navi Pillay selama misinya di Indonesia (Jakarta, 13 November
2012).
United Nations Information Centre: Pernyataan Pers dari Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia - Navi Pillay selama misinya di Indonesia (Jakarta, 13 November 2012).

Masalah pelanggaran HAM di Papua doa Kali disebutkan Illustrasi Konferensi Pers Yang dipandu oleh Ronald R Rohrohmana, Staf / Asisten Media Centre-Pusat Penerangan PBB di Indonesia (United Nations Information Centre / UNIC) di Kantor UNIC - Jakarta, tgl. 13 November 2012.

Pidato pembukaan oleh Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Navi Pillay pada konferensi pers selama misi ke Indonesia


Jakarta, 13 November 2012
"Selamat siang, dan terima kasih untuk datang.
Ini telah menjadi senang untuk mengunjungi Indonesia dan aku berharap aku bisa tinggal lebih lama untuk melihat bagian-bagian lain dari negara yang indah Anda dan mengenal orang-orang dan isu-isu hak asasi manusia yang mereka hadapi secara lebih rinci. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia untuk mengundang saya ke Jakarta dan untuk dukungan dan upaya dalam membantu dengan program saya.

Sejak tiba di Jakarta pada hari Minggu, saya telah bertemu dengan Menteri Luar Negeri, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Menteri Koordinator Bidang Hukum, Politik dan Keamanan, dan Sekretaris Jenderal Departemen Agama. Saya juga telah melakukan pembicaraan dengan sembilan hakim Mahkamah Konstitusi dan Hakim Agung Mahkamah Agung. Saya juga bertemu dengan perwakilan Indonesia dari mekanisme HAM regional yang didirikan berdasarkan Asosiasi Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Organisasi Kerjasama Islam (OKI), lembaga hak asasi manusia, masyarakat sipil, korban, PBB Tim Negara dan anggota komunitas diplomatik.

Indonesia telah membuat kemajuan penting dalam transisi demokrasi sejak tahun 1998, yang dapat menjadi model positif bagi negara-negara lain melalui perubahan tersebut. Melalui peran konstruktif dalam mekanisme HAM regional Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan di Dewan Hak Asasi Manusia, Indonesia telah membuat kontribusi semakin menonjol bagi kemajuan manusia hak di kawasan dan global.

Indonesia adalah untuk mendapat pujian untuk tingkat tinggi ratifikasi perjanjian internasional hak asasi manusia. Adalah pihak delapan inti hak asasi manusia konvensi, dan telah berkomitmen untuk ratifikasi Protokol Opsional untuk Konvensi Menentang Penyiksaan (OPCAT) dan Konvensi untuk Perlindungan Semua Orang dari Penghilangan Paksa. Itu baru-baru meratifikasi Konvensi Hak-hak Pekerja Migran, mengirimkan sinyal mendorong negara-negara tetangga yang masih harus merangkul standar HAM internasional melindungi hak-hak migran. Selama kunjungan saya, saya juga mendorong Pemerintah untuk menyetujui Konvensi Pengungsi 1951 dan Protokol 1967.

Pada bulan September, Indonesia menerima 150 dari 180 rekomendasi yang dibuat selama Universal Periodic Review di bawah Dewan Hak Asasi Manusia. Saya juga senang untuk belajar bahwa Pemerintah baru-baru ini setuju untuk kunjungan oleh Pelapor Khusus tentang kebebasan berekspresi, yang saya harap akan mendorong pemerintah lain di kawasan untuk mengikutinya.

Saya terkesan melihat kekuatan dan semangat dari tiga lembaga hak asasi manusia di negara itu, Komnas HAM, Nasional Hak Asasi Manusia Lembaga (NHRI) yang telah menerima A status-akreditasi dari Komite Koordinasi Internasional dari NHRI, Komnas Perempuan yang bekerja secara aktif tentang perlindungan hak-hak perempuan, dan Komite Nasional Perlindungan Anak. Lembaga-lembaga ini sangat penting untuk melindungi hak-hak di Indonesia dan saya memuji pemerintah untuk mendukung mereka sebagai lembaga independen yang terpisah dan mendorong dukungan keuangan diperkuat. Saya menemukan organisasi masyarakat sipil untuk melakukan pekerjaan penting hak asasi manusia dalam berbagai bidang, sering bekerja di bawah situasi yang sangat sulit dan kadang-kadang mengancam. Demikian pula, saya didorong oleh karya dari media bebas di Indonesia, termasuk pada kritis isu-isu hak asasi manusia. Pemerintah di tingkat pusat, kabupaten dan lokal harus bangga dengan pekerjaan bahwa kelompok-kelompok lakukan, melihat mereka sebagai mitra dan memastikan perlindungan mereka di seluruh negeri.

Selama pembicaraan saya dengan Pemerintah, saya menekankan pentingnya menerjemahkan kewajiban internasional hak asasi manusia Indonesia ke dalam hukum domestik. Saya telah melihat bahwa proses ini telah dimulai di banyak daerah dan mendorong pemerintah untuk melanjutkan ini dan menolak setiap back-geser dalam standar legislatif di tingkat lokal atau nasional.

Selama dua hari terakhir, saya memiliki kesempatan untuk mendengar perspektif yang berbeda dari tingkat tertinggi pemerintah kepada wakil-wakil dari masyarakat yang paling dirugikan dan dilarang. Ia telah meninggalkan saya dengan kesan sebuah negara keragaman besar yang telah melalui transformasi besar dalam waktu yang sangat singkat. Indonesia tetap menjadi negara demokrasi muda, yang telah menderita puluhan tahun kekuasaan militer, dan masih harus memperkuat mekanisme akuntabilitas yang bertujuan untuk mengidentifikasi tanggung jawab untuk masa lalu dan sekarang pelanggaran hak asasi manusia.

Suatu prinsip dasar hukum internasional hak asasi manusia non-diskriminasi. Hal ini berlaku di semua bidang untuk semua orang. Dalam hal agama, Konstitusi Indonesia menjunjung tinggi prinsip ini, yang menyatakan bahwa setiap orang harus bebas untuk memilih dan mempraktekkan agama pilihan nya. Indonesia memiliki kekayaan budaya dan sejarah keragaman dan toleransi. Pada saat yang sama, itu risiko kehilangan ini jika tindakan tegas tidak diambil untuk mengatasi peningkatan angka kekerasan dan kebencian terhadap minoritas agama dan sempit dan ekstremis-interpretasi Islam.
Selama misi saya, saya bertemu dengan perwakilan dari Ahmadiyah, Kristen, Syiah dan masyarakat kepercayaan tradisional. Saya tertekan mendengar rekening serangan kekerasan, pemindahan paksa, penolakan kartu identifikasi dan bentuk-bentuk lain dari diskriminasi dan pelecehan terhadap mereka. Saya juga prihatin mendengar bahwa polisi telah gagal untuk memberikan perlindungan yang memadai dalam kasus ini.
Tentu saja, masalah kekerasan masyarakat yang kompleks dan tidak mudah dipecahkan. Namun, saya sangat prihatin tentang pernyataan yang dibuat oleh pejabat mempromosikan diskriminasi agama. Saya merekomendasikan Indonesia harus mengubah atau mencabut UU Penodaan 1965, 1969 dan 2006 peraturan menteri tentang pembangunan rumah ibadah dan kerukunan umat beragama, dan tahun 2008 Keputusan Bersama Menteri tentang Ahmadiyah. Sebagai mantan hakim, saya khawatir bahwa otoritas lokal di Bogor gagal untuk menegakkan keputusan Mahkamah Agung untuk membuka kembali Gereja. Aku mengangkat kasus ini dalam sejumlah pertemuan, termasuk dengan Ketua Mahkamah Agung.

Karya penting dari Komnas Perempuan telah menjelaskan masalah diskriminasi terhadap perempuan di Indonesia. Kemarin, saya bertemu dengan sekelompok perempuan korban kekerasan yang menjelaskan diskriminasi yang mereka hadapi dalam berbagai konteks dalam negeri. Saya terkejut mendengar tingkat diskriminasi dan ketidakadilan bahwa beberapa dari mereka telah dihadapi. Saya sangat prihatin mendengar tentang penegakan sewenang-wenang dan diskriminatif Hukum Syariah di Aceh, menegakkan hukuman rajam yang brutal dan cambuk, dan penggerebekan di salon rambut dan tempat-tempat lain di mana orang berkumpul, menciptakan lingkungan intimidasi dan ketakutan. Saya juga prihatin mendengar tentang kekerasan polisi terhadap anggota masyarakat, lesbian gay, biseksual, transgender, dan interseks dan mendesak pemerintah untuk menjamin perlindungan mereka. Saya juga mendorong Pemerintah untuk menjamin hak-hak seksual dan reproduksi perempuan belum menikah dan perempuan.

Selama kunjungan saya, saya belajar lebih banyak tentang sifat dan mengerikan dari pelanggaran hak asasi manusia masa lalu, dari pembunuhan komunis pada tahun 1965 dan siswa di akhir 1990-an, kejahatan kemudian di tempat yang sekarang Timor Leste dan Aceh. Saya didorong untuk belajar tentang pelaksanaan sejumlah pertanyaan tingkat tinggi dan melewati undang-undang tahun 2000 tentang pembentukan pengadilan hak asasi manusia. Namun saya menyesal bahwa langkah-langkah ini muncul sekarang telah terhenti dan sejauh ini belum mengarah pada penuntutan hukum yang kredibel pelaku. Ada kebutuhan untuk memperkuat kemauan politik untuk mengatasi pelanggaran HAM berat yang terjadi di masa lalu.

Saya mengatakan kepada Menteri Luar Negeri bahwa dunia sedang menunggu keadilan bagi pembela HAM Munir Said Thalib, yang dibunuh pada tahun 2004. Saya meminta penyelidikan baru ke dalam pembunuhan, dan peninjauan pengadilan Muchdi Purwopranjono, dalam rangka membangun tanggung jawab yang jelas untuk pembunuhan itu.

Saya juga mendorong Pemerintah untuk bergerak maju dengan mendirikan pengadilan ad hoc hak asasi manusia, sebagaimana ditetapkan dalam UU No 26/2000, untuk menyelidiki penghilangan paksa aktivis mahasiswa pada 1990-an dan pelanggaran serius di Aceh dan Papua.

Saya juga menimbulkan kekhawatiran dengan Pemerintah tentang kekerasan meningkat di Papua tahun ini. Saya menyambut berlangsung investigasi terhadap kekerasan Mei-Juni dan merekomendasikan agar pemerintah mengambil langkah lebih lanjut untuk memastikan pertanggungjawaban pidana. Saya juga prihatin mendengar tentang para aktivis yang dipenjarakan untuk latihan damai kebebasan berekspresi.

Dalam pertemuan saya, saya mengangkat kebutuhan untuk mengatasi isu-isu penyiksaan, dan diberitahu bahwa reformasi hukum sedang dilakukan untuk mendefinisikan dan mengkriminalkan penyiksaan sebagai suatu prioritas, dan bahwa penting untuk memastikan penuntutan polisi dan pelaku penyiksaan lainnya.

Komitmen Pemerintah untuk meratifikasi Protokol Opsional Konvensi Menentang Penyiksaan adalah positif dan akan membantu untuk memperkuat pencegahan penyiksaan di negara ini. Ini adalah perjanjian penting yang memungkinkan inspeksi mendadak rutin oleh badan-badan internasional dan nasional dalam penjara dan pusat penahanan, sehingga bertindak sebagai pencegah terhadap penyiksaan dan bentuk-bentuk lain dari perlakuan kejam dan merendahkan martabat. Langkah penting lainnya adalah untuk menjamin pelaksanaan penuh dari Kepolisian Peraturan Nomor 8/2009 tentang Implementasi Standar Hak Asasi Manusia dan Prinsip dalam Melaksanakan Tugas Kepolisian.

Indonesia telah menunjukkan janji besar dalam keluar dari periode gelap sejarah dan mengubah dirinya menjadi demokrasi yang hidup. Saya telah menawarkan bantuan Pemerintah Kantor saya untuk lebih membantu dalam mempromosikan hak asasi manusia dan praktek yang baik. Kami akan senang untuk membantu dengan cara apapun yang kami bisa dalam upaya berkelanjutan untuk meningkatkan hak asasi manusia dari seluruh penduduk Indonesia.
Terima kasih. "

ENDS
Untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan media, silakan hubungi:
Di Jakarta: Mr Michele Zaccheo, Direktur Pusat Informasi PBB di Jakarta (+62 21 3983 1011 / mob +62 813 835 8090 8 / email: michele.zaccheo @ unic.org).
Di Jenewa: Mr Rupert Colville (+41 22 917 9767 / rcolville@ohchr.org).
Pelajari lebih lanjut tentang Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia: http://www.ohchr.org/
HAM PBB, negara page - Indonesia: http://www.ohchr.org/EN/Countries/AsiaRegion/Pages/IDIndex.aspx
Hak Asasi Manusia PBB, ikuti kami di media sosial:
Facebook: https://www.facebook.com/unitednationshumanrights
Twitter: http://twitter.com/UNrightswire
Google+ gplus.to / unitednationshumanrights
YouTube: http://www.youtube.com/UNOHCHR
Periksa Indeks Manusia Universal Hak: http://uhri.ohchr.org/en
Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger