![]() |
Profil tehahoka |
Oleh:: Tehahoka - Bagian dimana ekeh paling tertarik dengan pesawat selain hidung, adalah
ini... MESIN PESAWAT! Maklum, saya itu bukan tergila-gila untuk menjadi
pilot, melainkan menjadi desainer pesawat, oleh karena itu cara terbang
saya di FS sangatlah payah hehehe...
Ngambil topik dulu biar seru: GE CF-6
General
Electric GE CF-6, adalah mesin pesawat paling populer, gw dah lebih
dari 10 kali naik pesawat yang bermesin ini (kebanyakan Dc-10nya
Garuda). Meskipun demikian, gw lebih sering naik pesawat bertenaga
CFM-56 ketimbang pesawat yang ditenagai mesin ini. GE CF-6 adalah mesin
turbofan pertama yang menggunakan "high bypass" turbofan engine. Mesin
ini jauh lebih efisien dan bertenaga ketimbang mesin2 turbofan lain,
kecuali beberapa.
Peringatan: gambar2 dibawah ini cuma ilustrasi sederhana saja, oleh karena itu akurasinya tidak dapat diperbandingkan. Penjelasannya pun juga sederhana, hanya menambahkan/memperdetil penjelasan guru kelas 4 SD pada mata pelajaran IPA untuk kurikulum 1994 dan pelajaran Fisika SMA kelas 1.
Apa itu "bypass", bypass itu adalah bypass airflow, udara yang mengalir ke dalam mesin dalam masa yang amat besar (warna biru muda), sedangkan ada pula udara yang masuk ke ruang pembakaran, disebut primary air flow (warna merah).
Peringatan: gambar2 dibawah ini cuma ilustrasi sederhana saja, oleh karena itu akurasinya tidak dapat diperbandingkan. Penjelasannya pun juga sederhana, hanya menambahkan/memperdetil penjelasan guru kelas 4 SD pada mata pelajaran IPA untuk kurikulum 1994 dan pelajaran Fisika SMA kelas 1.
Apa itu "bypass", bypass itu adalah bypass airflow, udara yang mengalir ke dalam mesin dalam masa yang amat besar (warna biru muda), sedangkan ada pula udara yang masuk ke ruang pembakaran, disebut primary air flow (warna merah).
Udara
yang masuk ke ruang pembakaran, bercampur dengan bahan bakar, lalu
menjadi proses pembakaran/combustion yang menghasilkan panas yang
tinggi, sehingga tekanan disekitar ruangan pembakaran/combustion chamber
menjadi tinggi.
Tekanan
yang tinggi itu mengakselerasi bypass airflow yang akan melintas ke
corong gas buang mesin, dan ini menyebabkan semburan jet, menjadi daya
dorong bagi mesin. Daya dorong mesin itu secara kasar sama dengan jumlah
masa bypass airflow yang dipercepat dikali percepatan yang dialami
bypass airflow itu dari dan setelah melewati mesin.
Kira-kira
gitulah. Nah, ada teman2 yang ingin menjelaskan lebih? Misalnya tentang
mesin lain, sejarahnya, cara kerjanya, atau bahan bakar jet, bagaimana
ia dipompa, tangkinya, sistem FADEC, dll.
tehahoka.blogspot.com
0 komentar:
Post a Comment