Home » » Sorong, Kota Minyak Pintu Gerbang Raja Ampat

Sorong, Kota Minyak Pintu Gerbang Raja Ampat

Pelabuhan di Sorong (Patrick Nilson/ indonesia.travel)

Jalanan Kota Sorong (fertobhades.wordpress.com

Kota Sorong di Papua Barat boleh saja dikenal sebagai pintu masuk Kepulauan Raja Ampat. Padahal, Sorong punya sejarah dan daya tarik yang lebih dari sekadar kota transit.

Nama "Sorong" diberikan oleh Suku Biak Numfor yang berdiam di Kepulauan Raja Ampat. Kata itu sendiri artinya "laut yang dalam dan bergelombang", sebagai penanda lintas alam yang harus mereka lalui untuk tiba di dataran Papua.

Berada di bagian paruh dataran Papua yang berbentuk burung, Sorong punya hiruk pikuk kota pelabuhan. Walau begitu, bukan berarti masyarakat setempat hanya bergantung pada aspek bahari. Sorong juga diberkahi kekayaan minyak bumi. Bahkan, koloni Belanda sudah mencium aroma minyak ini saat mereka menjajah, sebelum Indonesia dinyatakan merdeka.

Dari situs resmi Pariwisata Indonesia, Jumat (25/5/2012), Sorong jadi basis Nederlands Neauw Guinea Petroleum Matschcapeij (NNGPM) yang mulai beroperasi pada 1935. Walaupun produsen minyak ini telah ditutup, hingga sekarang Sorong masih didominasi industri yang sama. Selain itu ada pula ekspor kayu dan tentunya industri kelautan. Perairan Sorong punya ikan tuna dan udang yang melimpah.

Sebagai kota pelabuhan yang punya kekayaan alam, Sorong jadi diminati banyak pendatang. Tak heran kota ini didiami banyak etnis termasuk keturunan Belanda dan Jepang. Pulau Kabra yang ada di pesisir pantainya ditempati perusahaan asal Jepang yang membudidayakan mutiara. Sementara teripang dan hasil tangkapan laut lainnya diekspor ke Hong Kong, Taiwan, dan China.

Kalau Anda berkesempatan mengunjungi Raja Ampat, cobalah resapi hiruk pikuk kegiatan di Kota Sorong. Anda bisa melihat bekas bangunan perusahaan minyak Belanda itu walaupun sudah rusak di beberapa bagian. Atau, jadikan Tanjung Kasuari sebagai gambaran cantiknya pantai cantik berpasir putih sebelum Anda tiba di Raja Ampat.

 travel.detik

Journalist
Oleh: Sri Anindiati Nursastri
Jawa Barat On my way to make traveling as a prime needs.




Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger