Home » » LMA Merauke Usulkan Jaminan Sosial Papua

LMA Merauke Usulkan Jaminan Sosial Papua


MERAUKE -- Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Malind Anim Kabupaten Merauke mengusulkan konsep Jaminan Sosial Papua. Jaminan sosial Papua diperuntukkan bagi masyarakat asli Papua.
Ketua LMA Malind Anim Merauke Ignasius Mb Ndiken mengungkapkan, konsep jaminan sosial Papua memberi jaminan layaknya jaminan sosial tenaga kerja yang dikombinasikan dengan jaminan pendidikan, jaminan kesehatan dan asuransi bagi masyarakat asli Papua.

Menurut Ignasius, meskipun selama ini sudah ada program-program jaminan kesehatan, seperti Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda), Jaminan Kesehatan Papua (Jamkespa), namun masyarakat Papua di pedalaman tidak merasakannya. Konsep Jaminan Sosial Papua diusulkan kepada pemerintah pusat sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat asli Papua.

Sekretaris LMA Malind Anim Merauke Alberth Moyuend Gebze mengatakan, jaminan sosial Papua dirancang memberi jaminan lengkap dari kesehatan, pendidikan, sosial dan ketenagakerjaan. Dia memberi contoh, bila warga Papua mengalami kecelakaan kerja di kebun atau di hutan akan mendapatkan santunan layaknya tenaga kerja yang mendapat santunan Jamsostek.

Menurut Alberth, LMA-LMA di seluruh Papua bakal bertemu di Merauke untuk menggodok dan mematangkan konsep itu. 

Editor :
Nasru Alam Aziz

Sumber:
Kompas.com


 
Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger