Home » , , , » Dinkes Jayapura: Perempuan Paling Rentan Tertular HIV/AIDS

Dinkes Jayapura: Perempuan Paling Rentan Tertular HIV/AIDS

Perawat melakukan perawatan terhadap
pasien penderita HIV di Rumah Sakit
Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.
FOTO: AFP PHOTO / ROMEO GACAD
Kian bertambahnya kasus penularan HIV/AIDS melalui hubungan heteroseksual berakibat pada meningkatnya kerentanan kaum perempuan tertular penyakit tersebut.

Kepala Dinas kesehatan (Dinkes) Kota Jayapura, Dolarina De Breving, menyebutkan bahwa kalangan perempuan paling rentan tertular HIV/AIDS.

"Perubahan penularan HIV/AIDS dari semula didominasi jarum suntik secara bersama-sama, berubah menjadi heteroseksual berakibat pada meningkatnya kerentanan kaum perempuan tertular penyakit tersebut," katanya di Jayapura, Sabtu (8/12).

Dolarina menambahkan, saat ini perempuan harus diberi hak untuk melindungi diri. Untuk itu, Dinkes Kota Jayapura terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat khususnya yang telah berkeluarga untuk menghormati kaum perempauan.

"Kami berharap dengan sosialisasi itu dapat mampu menghapus stigma dan diskriminasi, serta meningkatkan partisipasi laki-laki atau suami dalam pemenuhan hak reproduksi perempuan," jelasnya.

Ketika ditanya jumlah temuan penderita baru, dia mengatakan, hal tersebut merupakan yang tampak dipermukaan, namun yang belum di ketahui masih banyak.

"HIV/AIDS itu seperti gunung es. Yang tampak belum seberapa. Tetapi yang belum kita ketahui lebih banyak," katanya.

Untuk itu, pihaknya terus gencar melakukan penyuluhan di setiap kesempatan baik sekolah maupun tempat ibadah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar memeriksakan diri.

"Kami berharap, melalui tema ini mampu menghapus stigma dan diskriminasi serta meningkatkan partisipasi laki-laki atau suami dalam pemenuhan hak reproduksi perempuan," tukasnya.

Berdasarkan data Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Papua, triwulan kedua atau per 30 September 2012 tercatat penderita HIV/AIDS di daerah tersebut mencapai 13.196 kasus.

Terdiri dari laki-laki sebanyak 2.384 dan AIDS sebanyak 4.323 kasus, sedangkan di kaum perempuan HIV sebanyak 2.857 kasus dan AIDS sebanyal 3.521 kasus. Dan 111 kasus tidak diketahui.

Sementara jika dilihat dari kelompok umur, usia 25 - 49 tahun yang menderita HIV/AIDS terbanyak, yang mana HIV berjumlah 3.015 kasus dan AIDS 4.701 kasus. Usia 20 - 24 tahun yang menderita HIV/AIDS sebanyak 2.996 kasus dengan HIV 1.238 kasus, dan AIDS 1.758 kasus.

Kemudian untuk kelompok umur dibawah 1 tahun sebanyak 53 kasus HIV/AIDS, kelompok umur 1 -4 tahun 296 kasus HIV/AIDS, kelompok umur 15 - 19 tahun 1.300 kasus HIV/AIDS dan untuk kelompok umur 50 tahun keatas sebanyak 422 kasus, sisanya sebanyak 413 kasus tidak diketahui.

Sedangkan untuk sumber penularan HIV/AIDS, heteroseksual sebanyak 12.814 kasus, penularan dari ibu kepada bayi (perinatal) yakni sebanyak 241 kasus, biseksual sebanyak 19 kasus, IDU sebanyak 7 kasus, transfusi daerah sebanyak 4 kasus, dan yang tidak diketahui 94 kasus.

Jumlah penderita tertinggi masih berada di Kabupaten Mimika sebanyak 2.823 kasus dan disusul Kota Jayapura sebanyak 2.666 kasus.

Penulis: Antara/Ririn Indriani
Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger