Home » , » Pendidikan Seserius Pemasaran

Pendidikan Seserius Pemasaran


Source: Google
Pendidikan merupakan salah satu komponen penting dalam suatu negara, karena pendidikan akan menentukan kualitas sumber daya manusia dari negara tersebut dan menjadi tolak ukur sejauh mana suatu bangsa bisa mencapai kemajuan serta kesejahteraan. Oleh karena itu, pendidikan yang berkualitas bagi semua kalangan dan semua usia haruslah menjadi perhatian khusus kita bersama. Akan tetapi melihat kondisi yang terjadi di Indonesia saat ini, masih didapati banyak permasalahan-permasalahan pendidikan yang terjadi seperti, belum meratanya keterjangkauan akses pendidikan diberbagai daerah, kurikulum yang cukup sering berganti, kurangnya tenaga guru diberbagai pelosok daerah, terjadinya berbagai kasus kriminal maupun korupsi di sekolah,dan lain sebagainya. Selain itu meskipun berbagai kebijakan dan aturan dibuat untuk mengatasi masalah tersebut, tapi permasalahan-permasalahn itupun tak kunjung selesai dan menyebabkan siswa tidak lagi bersemangat belajar dan tidak merasakan makna dari  belajar itu sendiri. Oleh karena itu, yang dibutuhkan oleh Indonesia saat ini adalah solusi yang dibuat berdasarkan kebutuhan pendidikan negeri ini, dan itu berarti sudah saatnya bagi Indonesia untuk memiliki lembaga penelitian khusus sistem pendidikan Indonesia. 


Lembaga penelitian khusus sistem pendidikan Indonesia penting untuk didirikan, mengingat kita belum memiliki lembaga penelitian khusus di bidang pendidikan yang bergerak secara besar-besaran, sehingga bisa dikatakan riset-riset terkait kondisi dan kebutuhan sistem pendidikan di Indonesia masih sangat minim sekali. Sedangkan bila kita bandingkan dengan riset-riset pemasaran sungguh jauh berbeda, riset pemasaran dilakukan oleh lembaga-lembag riset kredibel bahkan bertaraf internasional. Selain itu, riset pemasaran suatu produk dilakukan dengan sangat detail, mulai dari pola pikir dan perilaku konsumen, desain kemasan, berbagai metode iklan yang efektif, komposisi rasa, tata letak produk di toko, bahkan sampah dari produkpun diteliti untuk mengetahui kualitas pemasaran suatu produk di pasaran dan apa saja hal-hal yang perlu diperbaiki. Tapi, coba bandingkan dengan riset tentang sistem pendidikan di Indonesia, yang mayoritas hanya menggunakan angket/questioner, data statistik dan wawancara. Bukankah ketimpangan yang besar sekali, untuk sebuah produk yang pada dasarnya hanyalah benda mati, kita melakukan riset sedemikian rupa, tapi untuk sistem pendidikan yang melibatkan pikiran, jiwa dan masa depan bangsa ini kita masih jauh dari kata serius.



Oleh karena itu, pendirian lembaga riset sistem pendidikan Indonesia ini akan memberikan fakta yang sangat jelas dan teruji kepada kita semua tentang kondisi dan kebutuhan pendidikan bangsa ini. Sehingga segala kebijakan yang diambil berorientasi pada kebutuhan segala elemen pendidikan meliputi (siswa, keluarga, sekolah, dan masyarakat) serta berbasis kearifan kebudayaan lokal. Bayangkan betapa hebatnya sistem pendidikan di Indonesia jika aturan-aturannya, kurikulumnya, sarana prasarananya serta komponen lainnya dirancang berdasarkan data tentang permasalah, keunikan dan kebutuhan pendidikan bangsa ini.

Ditulis Oleh: Tisna Syafnita

Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger