Home » » Usia; Bukan Tentang Angka, Tapi Tentang Guna

Usia; Bukan Tentang Angka, Tapi Tentang Guna

Source: Google
Takjub aku menyaksikan anak kecil yang belum genap 10 tahun, tapi sudah hafal 30 Juz al-Quran, bahkan mengharumkan nama bangsa di dunia internasional. Lantas aku bertanya pada diri sendiri, kemana aku saat seusia itu?

Tertegun aku mendengar bahwa remaja belasan tahun bisa memenangkan olimpiade fisika dunia, membawa pulang medali emas dan membuat bangga orang-orang senusantara. Lantas aku bertanya pada diri sendiri, kenapa begitu lalainya aku saat remaja?

Tak habis pikirku, saat melihat berita, bahwa nun jauh dibenua lain sana, seorang anak kecil berinisiatif untuk mendaur ulang sampah menjadi produk-produk yang menarik. Dia tidak hanya menyelamatkan lingkungan tapi juga berhasil menghasilkan omzet puluhan juta setiap bulannya. Lantas aku bertanya pada diri sendiri, kemana saja masa mudaku kuhabiskan?

Ternganga aku, saat mendapati bahwa mahasiswa-mahasiswa yang drop out dari kampusnya belasan tahun yang lalu, hari ini menjadi orang-orang paling kaya di dunia. Lantas bertanya aku pada diriku sendiri, setelah lulus dan mendapat gelar sarjana, kenapa aku belum juga mapan?

Takjub aku menyaksikan betapa banyak orang yang mengalami banyak hal buruk dalam hidupnya dimasa lalu, tapi hari ini dalam usia yang begitu muda berhasil bangkit dan kemudian hari ini menjadi orang yang terkenal dan berpengaruh. Lantas aku bertanya pada diri sendiri, kenapa aku begitu cengeng dan mudah menyerah?

Tertegun aku mendengar bahwa banyak anak muda yang belum genap 20 tahun tapi sudah menulis lebih dari 5 buku. Lantas aku bertanya pada diri sendiri, setelah bermimpi sekian lama untuk jadi penulis, kenapa sampai detik ini tak satupun buku diterbitkan atas namaku sebagai penulisnya?

Takjub aku pada perempuan yang memutuskan untuk tidak pacaran dan lebih memilih untuk menikah di usia muda, kemudian punya anak dalam jumlah tak tanggung-tanggung banyaknya, tapi bisa sukses juga dalam dunia bisnis sementara keluarganya tetap harmonis dan bahagia. Lantas aku bertanya pada diri sendiri, dengan status masih sendiri dan bebas beraktivitas seperti saat ini, kenapa pencapaian hidupku sedikit sekali?



Pada akhirnya usia bukanlah tentang angka, bukan tentang siapa yang paling tua dan siapa yang paling muda, tapi usia adalah tentang bagaimana cara kita mengisi dan memanfaatkan hari-hari yang dititipkan oleh Alloh dalam hidup kita. Ada yang sukses diusia muda, tentunya disebabkan usahanya yang tak kenal lelah dan konsistensinya dalam berkarya. Ada yang diusia mudanya berprestasi bukan main hebatnya, tentunya karena ia rajin dan tekun dalam belajar, serta menggali ilmu tiada jemu.


Maka ketakjuban kita pada mereka yang berhasil memanfaatkan usia mereka dengan baik, tidak boleh berhenti hanya pada rasa takjub itu semata. Tapi kita harus belajar dari mereka, belajar bagaimana memanajemen waktu, agar hari-hari bernanfaat dan produktif. Belajar bagaimana caranya bangkit meski berkali-kali gagal, bagaimana caranya tetap percaya penuh pada Alloh, bersabar dan bersyukur dalam setiap kondisi, serta bagaimana cara terus memperbaki diri dan amalan setiap hari. Agar ketika Alloh memanggil kita pulang ke kampung akherat, saat usia kita habis untuk hidup di bumi, kita dapat pulang dengan tenang, sebab hari-hari kita isi dengan ibadah yang khusyu’, kerja yang produktif, dan kegiatan yang bermanfaat bagi sesama. Sebab usia, bukanlah tentang angka tapi tentang guna. (Tisna)


Ditulis Oleh: Tisna Syafnita

Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger